Jumat, 20 November 2020

Multitasking seorang ibu dimusim daring


 Sobat sekalian bagaimana kabarnya? Oh ya gimana kabar pembelajaran via daring di rumah? Alhamdulillah semoga senantiasa diberi kemudahan oleh Allah SWT berikhtiar menuntut ilmu di tengah kondisi pandemi, dengan segala keterbatasan. 

Meskipun beberapa kota sudah diperbolehkan belajar dengan tatap muka oleh satgas covid masing-masing kabupaten kota karena masuk zona kuning. Tapi tentu saja masih terbatas siswa SMA/SMK dan yang baru akan di mulai adalah SMP dan SD. Untuk TK tentu saja belum.

Pembelajaran di rumah menuntut para orangtua untuk meningkatkan kemampuan menguasai akademis anak-anak mereka. Meskipun mereka tidak ada latarbelakang pendidikan seorang guru. Bagaimana tidak, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu belajar mereka bersama orangtua. 

Meskipun guru-guru mereka juga tetap melakukan KBM(Kegiatan Belajar Mengajar) tapi dengan sistem daring terkadang ada kendala untuk siswa belum bisa dengan leluasa bertanya atas kesulitan mereka pada bapak ibu gurunya.

Otomatis yang terdekat dari mereka adalah orangtua. Oleh karenanya orangtua harus benar-benar berikhtiar untuk bisa mendampingi ananda dengan segala keterbatasan dan kemampuan pula. Bagaimana jika anak-anak mereka dirumah berbeda jenjang. Nah ini yang menuntut peran lebih berat bagi orang tua. 


Peran itu adalah kapan menjadi guru SD kapan pula menjadi guru TK serta jenjang lainnya. Dan ini tentunya sangat dituntut kemampuan multitaskingnya seorang ibu. Yang dirasa tentu lebih berat karena orangtua disamping kewajiban-kewajiban nya yang lain tetap harus bisa mendampingi anak-anak mereka semua. Dan terlebih biasanya adalah seorang ibu yang mempunyai peran utama mendidik anak-anak ini. 

Teringat sebuah nasehat yang mendalam, 

"Ibu adalah madrasah pertama anak-anak mereka"

Saat ini adalah saat yang paling utama bagi seorang ibu untuk menerapkan nasehat tersebut. Ibu mendidiknya dan ayah adalah kepala sekolah nya. 


2 komentar:

  1. MasyaAllah, bersamaan dengan pandemi ini peran seorang ibu sebagai madrasah pertama anaknya semakin terbukti ya mbak :')

    BalasHapus