Rabu, 23 September 2020

MENGENAL KOLAM SEGARAN SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT


Negeri ini begitu kaya akan peninggalan sejarah. Sejarah yang cukup turut membesarkan nama negeri ini adalah sejarah tentang kerajaan – kerajaan yang terbentang di hampir seluruh penjuru negeri. Salah satunya adalah Mojokerto. Konon kota yang terkenal dengan makanan khas onde-onde ini juga menjadi salah satu kota yang tak kan terlupakan dalam sejarah. Yaitu tempat berpijaknya kerajaan terbesar di Indonesia yang dinamakan kerajaan Majapahit.

Jika kita belajar sejarah kerajan yang berdiri di Indonesia, bisa dipastikan kita akan mengenal nama agung sang maha patih gajah mada. Konon dalam cerita  tentang pemersatuan Nusantara oleh sang patih ini. bukti- bukti peninggalan kerajaan Majapahit yang terbentang di sudut kota Mojokerto, terutama Kecamatan Trowulan, yang terletak dibagian selatan Kota Mojokerto bersebelahan dengan kabupaten Jombang. Selain Candi, yang banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah Kolam Segaran.

Kolam Segaran yang kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah juga kuliner ramai dikunjungi wisatawan  baik lokal maupun luar daerah atau bahkan wisata asing. Terutama sebelum masa pandemi. Tapi kini di era new normal, kembali padat oleh para wisatawan, dan utamanya wisatawan yang nggowes. Oleh karena itu menjadikan wilayah Trowulan ini, ramai terutama akhir pekan.

Disebut sebagai destinasi wisata sejarah karena jika ingin belajar sejarah Kerajaan Majapahit lengkap maka kita tak bisa memisahkannya dari peninggalan yang namanya kolam segaran ini. Kolam peninggalan Majapahit dengan luas mencapai 6,5 hektare. Panjang Kolam Segaran 375 meter, sedangkan lebarnya 175 meter. Ukuran itu membuktikan bahwa kolam ini cukup luas. Selain itu tembok yang mengelilingi kolam tersusun dari bata merah dengan ketebalan temboknya 1,6 meter dan tingginya 2,88 meter, menambah eksotik kolam Segaran ini.

Menurut informasi sejarah kolam segaran ini merupakan kolam kuno terbesar di Indonesia, yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit. Kolam ini baru ditemukan pada tahun 1926, oleh orang Belanda. Tidak terlihat saat itu karena kola mini tertimbun muntahan Gunung Kelud. Untuk selanjutnya dilakukan beberapa kali pemugaran hingga berkali-kali termasuk tahun 1966 dan 1974. Dua sumber air di kolam segaran adalahdi bagian tenggara terdapat saluran air masuk ke kolam dan saluran air keluar di bagian barat laut. Sumber air kolam berasal dari Balong Bunder dan Balong Dowo yang berada di sebelah selatan dan barat daya kolam. Dan pintu masuknya terletak di sebelah barat, dengan bentuk tangga batu kuno. Selain dari dua sumber air tersebut, air dalam Kolam Segaran juga berasal dari air hujan. Namun kemarau yang panjang hampir saja mengeringkan kolam ini ditahun 2019. Kalau kondisi hari ini terakhir update 19 September 2020, masih penuh ada yang ukuran sepaha orang dewasa.

Tidak jauh dari kolam ini terdapat sebuah pusat informasi kerajaan Majapahit, yang juga menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yaitu Museum Majapahit. Museum ini menjadi tempat barang-barang peninggalan Kerajaan Majapahit yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sebelum menjelajahi peninggalan Kerajaan Majapahit ada baiknya berkunjung ke museum ini, agar semakin utuh sejarah yang akan kita dapatkan. Membaca dulu sejarahnya, berkunjung ke pusat informasi yang namanya Museum Majapahit ini dan kemudian berjelajah.

Disebut sebagai destinasi wisata kuliner karena Kolam Segaran ini dikelilingi penjual nasi wader yang terkenal anak dan lezat, apalagi dengan sambel terasinya yang menambah lengkap  dan mantap nasi wader ini.  Kalau liburan atau weekend, selain menikmati pemandangan Kolam Segaran, para wisatawan biasanya tidak melupakan wisata kuliner Ikan wader ini. Apalagi mereka yang selesai gowes, lapar kan semakin menambah alasan mereka mampir di sekitar kolam segaran ini. jika sobat sekalian berkunjung saat sabtu atau ahad pagi, bisa dipastikan jalanan kecamatan Trowulan arah wisata sejarah termasuk kolam Segaran dipenuhi wisatawan yang menggunakan sepeda ontel.

Untuk mencapai Kolam Segaran yang terletak di desa Unggahan, kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur ini cukup mudah sobat. Akses kendaraannya pun mudah, ditambah jalanan yang cukup lebar dan mulus, semakin menambah tertariknya wisatawan. Dan juga kurang lebih hanya 500 meter saja dari jalan Nasional Surabaya- Madiun. Silakan menyempatkan ke ke Kolam Segaran ini jika sobat sekalian jika berkunjung ke Mojokerto.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar