Senin, 16 November 2020

Memotong kuku pun ada adabnya


 Islam agama yang syamilan mutakamilan. Mengajarkan kepada umatnya secara menyeluruh. Namun tidak semua umatnya melakukan dengan sempurna. Hingga sampai apapun diajarkan dalam islam.

Termasuk dalam hal sederhana memotong kuku. Ternyata Islampun mengajarkan demikian. Perkara sederhana atau perkara kecil menurut kita. Tapi bagi Allah tidak ada yang kecil, semua hal yang dilakukan hambanya bisa bernilai ibadah dan berujung berkah. 

Seperti memotong kuku ini, bagi sebagian orang Islam sendiri ketika mau memotong kuku ya tinggal motong aja. Tidak ada yang perlu dipikirkan. Tapi ternyata tidak, memotong kuku pun ada aturannya. Dan aturan ini bagian dari sunnah yang pernah dicontohkan oleh rasululloh. 

Jika kita mengaku ummat rasululloh maka sudah selayaknya hal yang dicontohkan Rasululloh harusnya dikuti oleh umatnya, kita. Rasululloh sebagai teladan ummat Islam mencontohkan banyak hal. Tak hanya pahala yang kita dapatkan tapi keberkahan hidup insya Allah kan kita dapatkan. Insya Allah berujung pada syafaatnya diyaumil akhir kelak. Mari kita ikuti sunnah nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar